gambar

Rabu, 16 Mei 2012

Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah hubungan ”interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya restart, shutdown atau melakukan kontrol lainnya, maka komputerkomputer
tersebut tidak autonomous. 

    Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data / informasi. Pengertian lainnya adalah sekumpulan komputer dan peralatan lain (seperti printer) yang terhubung dalam satu kesatuan untuk bisa saling berkomunikasi, sharing file atau data.

    Data yang berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software yang terhubung dalam jaringan bersamasama. (Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua unit komputer, puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain).

0 komentar:

Posting Komentar

Beri makan peliharaan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management